3 Idiots, Fantastis, Amazing dan Booming Film

3 Idiots
gambar nyuplik dari CuriPandang

Bener yang orang-orang pada bilang lewat tweet atau lewat blog. 3 Idiots adalah film yang wajib ditonton!

Jadi, 3 Idiots bercerita tentang kisah 3 sekawan bernama Rancho, Raju, dan Farhan, dalam menjalani kehidupan kuliahnya di salah satu institut engineering terkemuka di India. Di situ diceritain kalau sistem pendidikannya itu nggak menjadikan mahasiswanya sebagai manusia, tapi jadi mesin, yang paradigmanya kuliah, lulus dengan nilai bagus, dapet kerjaan, gaji tinggi, hidup bahagia (familiar dengan hidup kita kan?). Sistem pendidikannya nggak membuat manusia itu semangat mencari ilmu, melainkan cuma mendapatkan gelar semata.

Selain itu, di film ini diceritakan tentang orang tua yang (maaf) kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya.

Inti later belakang ceritanya sih begitu.. Gw ga mau cerita banyak-banyak karena gw masih amazed banget sama filmnya. Bayangin, ini film 3 jam diputer, gw nonton tengah malem (mulai jam 22), tapi bener2 gw nikmatin 100% dari awal sampe akhir! Biarlah teman-teman penasaran aja dengan film keren ini :D

Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi yang ada di sana. Nilai-nilai yang diangkat sama film itu benar-benar adalah nilai-nilai yang gw yakini. Beberapa di antaranya ada di bawah (NB: kalian harus nonton untuk benar-benar menghayati nilai-nilai ini! :) )

  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: all is well (semua baik-baik saja). Dan itu
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that! :)
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama.
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film: Pursue excellence, and success will follow, pants down.
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang udah diomongin. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang emang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantangin sama Raju & Farhan supaya melakukan apa yang dia suka omongin, dia langsung membuktikannya!
  • Harusnya masih ada lagi, tapi gw lupa. Quotes di IMDB pun nggak lengkap, padahal ada banyak kalimat-kalimat bagus di sana.

Terakhir, ini komentar yang bisa gw kasih tentang film 3 Idiots-nya:

  • Ceritanya kuat banget. Alur filmnya maju-mundur-maju-mundur tapi bener-bener membentuk cerita yang utuh.
  • Kocak. Bener-bener ini film menghibur banget! Asli ga bisa dijelasin, harus nonton sendiri
  • Full musik! Bukan film India namanya kalo ga pake musik atau joget2. Tapi beneran, semua musiknya bagus-bagus.. Bikin pengen goyang di bangku bioskop!😀.
  • Lagunya juga inspiratif. Nggak cuma musiknya enak, tapi maknanya inspiratif banget
  • Bener2 bisa memainkan perasaan. Nonton 3 Idiots itu kaya naik roller coaster. Abis ketawa ngakak, emosi langsung dijatuhin lagi karena adegan berikutnya sedih banget. Atau abis deg-degan, abis itu menangis terharu :)
  • Endingnya sangat unpredictable. Ga nyangka deh lihat endingnya.
  • Minusnya ada (yg bikin filmnya ga perfect 10/10), yaitu karena ada beberapa hal yg ga sesuai samai norma-norma yg gw anut: ada mabuk-mabukan, ada adegan ciumannya antara Rancho & Pia (ngajarin ga bener, belum nikah udah ciuman >_< ), sama tradisi nunjukin celana dalemnya, geli banget..

Ayo buruan nonton, cuma ada di Blitz Megaplex.. Lihat jadwalnya sih masih sampai 18 Februari 2010 besok. Film seinspiratif ini harus disebarkan ke semuanya! Dan harus nonton di bioskop, soalnya sensasi getaran-getaran kursi karena efek suaranya pasti nggak bisa didapatkan di tempat lain..

Jadi, 3 Idiots buat gw nilainya 9,5 dari 10. Bener-bener film terbaik yg pernah gw tonton! Nyesel kalo nggak nonton dan ga dapet inspirasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: