Keajaiban Itu Ada Pada Diri Anda !

Assalamu’alaikum teman-teman !!! Apa akabar !!! pasti baek2 ajekan ?? (ah, sok tahu banget gue..)

oke test satu dua tiga, dicoba,3x (kok kayak mau manggung aje, kebawaan mimpi kali,he2..)

Dengan bacaan basmalah kita mulai saja tulisan ini. Start !!!!

Pada kesempatan kali ini (kesempatan kapan2 aja deh,he2…), saya akan mencoba menulis sebuah tulisan yang semoga bermanfaat bagi kita semua (engkong2, emak2, nenek2, kakek, bapak2, ibuk2, tante2, om2, teman2, adek2, kakak2, abang2, pokoknya semuanya deh, banyak banget klo dibilang satu2 di sini he2,,)

 

Tulisan ini bermula (cieh,,,cieh,, kayak roman aje he2..) dari sebuah kalimat mahfudzat :

“Al-jaddu bil jiddi wal hirmanu bil-kasali, fanshab tushib  an qaariibin ghayatul-‘amali”

Artinya Rejeki didapatkan dengan kerja keras, dan kemiskinan didapatkan karena kemalasan. Maka bekerja keraslah, niscahaya engkau akan dapatkan apa yang engkau cita-citakan.

 

Teman2 semua yang dirahmati Allah swt, sudah selesai baca kalimat diatas ?? sudah paham ?? sudah dibaca keras ?? sudah diresapi dalam hati ?? sudah dihafalkan ?? sudah diamalkan ??  (klo belum,, silahkan baca dulu,silahkan pahami dulu, silahkan baca keras dulu, silahkan resapi dulu, silahkan hafal dulu, ane kasih deh waktu sekitar sepulu menit) sudah selesai ?? (klo ada yg belum nanti baca lagi, sampe berulang2 kali, sampe mabuk sekalian he2..)

 

Temen2 ingat gak ?? (ingat apenye ??), maaf, gue agak grogi nih nulis depan teman2 (cie,,anxietas gue kambuh nih..). bagi teman2 penggemar bola sejati (ada penggemar bola palsu ya ??,he2,,), pasti ingat peristiwa Final Liga Champion tahun 1999 antara Bayern Muenchen dengan Manchester United yang berlangsung di Barcelona.(pada nonton gak ?? jangan bilang penggemar bola sejati kalo gak nonton pertandingan ini deh !!!). Pada saat itu, hingga menit ke-90, kedudukan masih 1-0 teman2 untuk keunggulan Muenchen. saat itu, hampir semua penonton di stadion dan jutaan pemirsa televisi telah besrsiap (termasuk gue kali..lu termasuk gak ??, bersiap-siap menunggu !!!). Pendukung Muenchen bersiap-siap untuk merayakan kemenangan , sementara pendukung MU bersiap-siap menerima kekalahan.

 

Tetapi, apakah yang terjadi ?? tahukah teman2 ?? (ah,,mukanya kok pada melongo gitchu ya, pasti pada gak tahu,,dasar !!), apa yang terjadi kemudian sangat luar biasa, di luar dugaan . pada saat injury time di menit ke-91, MU melnacarkan serangan (mati lu muenchen !!…). Salah seorang pemain Muenchen melakukan pelanggaran dan MU mendapatkan tendangan bebas. Beckham mengambil tendangan tersebutn (apa yg terjadi saudara-saudara ??..). Bola mengarah ke Dwight Yorke, disapu ke gawang tapi bisa digagalkanoleh pemain Muenchen. Sapuan bola ini mengalir liar ke tengah lapangan. (dan apa yang terjadi ??..) ada Giggs mengambil bola, dan menembakkan bola, (tapi sayang saudara !!!), Giggs gagal,akhirnya Teddy Sheringham mendapatkan bola,  akhirnya mampu mengeksekusi bola dengan sempurna, (dan apa yang terjadi ??) Akhirnya Gol.(Gol..Gol…Gol..). kedudukan akhirnya imbang menjadi 1-1.

 

Keajaiban itupun terus berlanjut. 30 detik kemudian, MU medapat sepak pojok yang kembali diambil oleh Beckham. Bola melayang ke tengah lapangan (Apa yang terjadi ?? apakah akan gol lagi ??..). Terjadi kemelut di mulut gawang . Spesialis pemain pengganti Gunnar Solskjaer berhasil menyarangkan bola ke gawang Muenchen, dan Gol !! (Gol…Gol…Gol…). Drama menegangkan itu akhirnya dimenangkan MU dengan skor 2-1, dengan 2 gol tercipta pada saat injury time.

 

Drama sepak bola itu tetap berlanjut (drama apaan lagi nih ??), dan lagi-lagi berlangsung di final Liga Champion 2003 antara kebelasan AC Milan dan Liverpool (Pada ingat gak ?? klo gak, diragukan jati diri mania bolanya nih,he2..). Kedua kesebelasan saat itu secara teknis berada dalam posisi seimbang.

 

Pada babak pertama, permainan berlangsung berat sebelah (kayak timabngan aje,..). AC Milan langsung mengambil kendali permainan. Tidak tanggung-tanggung , 3 gol disarangkan oleh pasukan Carlo Ancelloti ke gawang Liverpool(wah hebat banget milan, pasti pendukung milan bahagia tu, di sini siapa yang pensukung milan ?? liverpool ??) 45 menit babak pertama usai, para pemain AC Milan menuju kamar ganti (ngapain ?? ya ganti bajulah..emangnya ngapain ??) dengan penuh gelak tawa, seakan-akan kemenangan sudah menjadi milik mereka.

 

Hal itu sangat lumrah terjadi. Betapa tidak, dengan defisit 3 gol yang harus dikejar di 45 menit babak kedua, sungguh bukan hal yang mudah. Apalagi lawan yang harus dihadapi adalah AC Milan, tim yang penuh talenta. Hampir setiap orang , Pendukung Liverpool (siapa aja pendukung liverpool di sini ??) berpikir bahwa hanya keajaiban yang mampu mengeluarkan Liverpool dari kekalahan dan membalikkan keadaan menuju kemenangan.

 

Para pemain Liverpool bergegas menuju kamar ganti. Kapten Liverpool (ingat siapa. hayo ??) Steven Gerrard terlihat berpikir keras. Pelatih Liverpool (klo ini, siapa hayoo??) Rafael Benitez di kamar ganti memompa semangat para pemain Liverpool dan mengarahkan strategi yang berbeda pada babak yang kedua.(strategi apa ?? dan gimana ?? hayo ??)

 

Dan apa yang terjadi di lapangan pada babak kedua sungguh luar biasa. Steven Gerrard dengan semangat yang luar biasa memimpin teman-temannya mengejar defisit gol tersebut. Akhirnya, dengan kepercayaan yang sangat tinggi, para pemain Liverpool mulai memetik hasilnya. Di menit ke-60 tercipta gol pertama Liverpool yang membangkitkan kembali semangat juara para pemain Liverpool. Mereka kemudian bangkit, seakan dengan energi dan kekuatan sangat luar biasa. Dan anehnya, para pemain AC Milan sekan terkesima dengan keadaan yang ada. Tidak tanggung-tanggung, hanya dalam kurun waktu 12 menit, tiga gol balasan diciptakan oleh tim Liverpool.(wah hebat ya, mengenai siapa pencentak golnya silahkan ingat lagi ato cari sendiri,he2..).

 

Kedudukan pun akhirnya berubah menjadi 3-3, dan meruntuhkan mental para pemain AC Milan. Pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, tetapi tidak ada gol yang tercipta. Pada saat pertandingan harus deilakukan dengan adu penalti, kekuatan mental sangat menentukan. (tahu gak siapa yg mentalnya lebih kuat ??) Akhirnya, AC Milan yang sudah kalah secara mental dikalahkan oleh Liverpool melalui tendangan adu penalti itu.(selamat ya, bagi pendukung Liverpool, saya turut suka cita). Pendukung Liverpool bersorak gembira, sementara pendukung AC Milan tertunduk lesu. keajaiban itupun terjadi.

 

Walapun Milan akhirnya memenangkan Liga Champion pada 2 tahun berikutnya, drama final itu masih melekat sebagai salah satu pertandingan yang ironis. Bagaimana mungkin tim sekelas Milan tidak mampu mempertahankan diri dari kebobolan 3 gol ?? (siapa sangka ?? siapa duga ??)

 

Drama keajaiban sepak bola itupun terus berlanjut. Pada final Liga Champion 2007 di Moskow, Rusia, berlangsung pertandingan antara dua tim elite inggris, MU dan Chelsea. (Masih ingat gak ?? waduh, mania bola kok pada amnesia semua ya,he2..peace !!!). Chelsea melakukan pertandingan tersebut seakan-akan sebagai tuan rumah , karena pemilik Chelsea, Roman Abramovich , adalah taipan asal Rusia (taipan itu apa ya ??..). Sebelum pertandingan, para pendukung Chelsea telah menyiapkan pesta besar-besaran untuk menyambut kemenangan timnya.

 

Hingga 90 menit pertandingan berakhir, kedudukan masih imbang. Permainan pun dilanjutkan denga perpanjangan waktu dan adu penalti. Ketika adu penalti telah dilakukan bergantian, kedudukan masih imbang (wah seru banget, deg-degan nih jantung gue), dan tertinggal 2 pemain sisa. dari MU, Christiano Ronaldo akan berperan sebagai penendang terakhir. Sementara dari kubu Chelsea, kapten John terry yang akan melakukan eksekusi.

 

Entah gugup atau karena terlalu berat menanggung beban, tembakan Christiano Ronaldo melesat jauh dari gawang Peter Cech. Dan pestapun telah disiapkan. John terry sebagai spesialis tendangan penalti yang dimiliki Chelsea, jadi sangat kecil kemungkinan untuk tidak masuk. Semua orang berdebar-debar. Sekali lagi, hanya keajaiban yang mampu menghindarkan MU dari kekalahan.(hanya sebuah kejaiban,, gak ada yg lain)

 

Dan kejaiban itupun memang datang (datang gak dijemput, pulang gak diantar nih..). Sebelum melakukan tendangan, kaki John Terry tiba-tiba terpeleset (wah, mungkin keinjak kulit pisang, he2..kok ada kulit pisang di lapangan ya ?? wkwkwkwk..) karena lapangan yang licin, yang menyebabkan tendangan yang dilakukannya dapat dengan mudah dihalau oleh kiper MU, Edwin Van Der Sar. Para pemain MU kembali menemukan momentum (ingat gak rumus Momentum fisika waktu SMA dulu ?? klo gak, coba ingat2 lagi) untuk bangkit, sementara para pemain Chelsea yang sudah diliputi euforia kemenangan menurun mentalnya karena kegagalan John Terry ini.

 

Akhirnya penendang terakhir MU berhasil memasukkan bola (ayo siapa ni orang ??), sementara penendang Chelsea gagal. (klo yg ini, siapa ??). MU perusak persiapan pesta yang telah dilakukan oleh pendukung Chelsea. mereka memenangi Liga Champion dengan kemenangan yang luar biasa. mereka mendapatkan keajaiban dari apa yang disebut sebagai keberuntungan.

 

Bagaimana teman-teman ?? sudah paham 3 cerita diatas ?? sudah capek bacanya ?? lanjut ato gak nih ?? ane juga sudah capek nih ngetik,he2… badan ane sudah sakit semua nih,, lanjut ato gak ??? oke aku putusin aje, klo kelihatannya mata teman masih melek walupun udah capek.tapi  sebelum lanjut lagi, kita refreshing dulu deh.

 

Refreshing mulai !!! Teman2 silahkan berdiri, kemudian badan ditegapkan, mata ditutup, ambil napas dalam-dalam kemudian keluarkan , ambil napas dalam-dalam kemudian keluarkan lagi, begitu seterusnya sampai lima kali. kemudian tetap dengan maat tertutup ingatlah kenangan yang terindah dalam hidup teman-teman.kemudian bayangkan diri teman2 memasuki alam kenangan indah itu.(hayo…jangan sampai ketiduran lho he2…)

 

Refreshing berhenti !!! (woi buka matanya !!!), gimana ?? sudah Fresh ??

 

Oke kita lanjut ya ^_^

 

Dari beberapa cerita di atas (berapa cerita ya ?? hayo ?? gue  ngetes daya ingat jangka pendek teman-teman nih,he2..), bisa ditarik benang merah bahwa ternyata dalam hidup ini banyak kejaiban terjadi pada saat-saat yang menentukan. (contohnya ?? ayo coba berikan contohnya teman-teman ??). Sesuatu yang dalam pandangan manusia, ataupun prediksi di atas kertas, tidak mungkin terjadi, tapi dengan kehendak Yang Maha Kuasa (siapa lagi kalo bukan Allah SWT) akhirnya bisa terjadi. Kuasa Tuhan melalui berbagai kebetulan dan kejadian yang sulit dipercaya oleh akal sehat sering kita saksikan, bahkan di depan mata kita sendiri.(hayo ?? siapa yg pernah mengalami kejadian ini ?? klo gue sih, stiap selesai ujian, gak nyangka aja lulus, he2…Emanglah sebuah keajaiban !!!)

 

Itu memberikan keyakinan yang lebih besar pada diri kita bahwa di dunia ini memang terdapat keajaiban yang mungkin saja terjadi pada dir kita. Bolehlah pada suatu saat tertentu kita mengharapkan datangnya keajaiban itu, terutama saat kita berada di masa-masa sulit. keajaiban yang akan mengeluarkan kita dari kesulitan dan membawa kita kepada kebahagiaan dan kemudahan di masa yang akan datang.

 

Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa keajaiban itu tidak datang dengan sendirinya (Ngerti !!!). ia datang bersama usaha-usaha yang kita bangun untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan. (contohnya gue, dapat kejaiban lulus ujian, setelah gue mati-matian baca buku, baca bahan ujian sampai mata gue tak sanggup lagu buka mata, he2..maklum mahasiwa..). Keajaiban itu tak pernah datang dengan tiba-tiba, tanpa didahului usaha yang kita lakukan.

 

Lihatlah apa yang terjadi dengan MU padafinal  Liga Champion seperti cerita di atas. Mungkin saja gol MU tidak akan terjadi jika Ferguson tidak memasukkan spesialis pemain pengganti solkskjaer di menit 80. Di sini, Ferguson berperan dalam mengubah nasib MU dengan memasukkan pemain pemain pengganti untuk menambah serangan.

 

Sama juga dengan apa yang terjadi pada Liverpool. Ketika mengejar ketertinggalan  3 gol dari AC Milan, sang pelatih dan jenderal  lapangan tengah Steven Gerrard sangat berperan membangkitkan kembali semangat dan mental bermain dari keseluruhan pemain Liverpool. Keajaiban dengan melesakkan 3 gol ke gawang Milan mungkin tidak terjadi seandainya Gerrard tidak mampu memompa motivasi dan keperrcayaan diri rekan-rekannya untuk bangkit dan kembali menyerang Milan. Keajaiban itu memang datang, tetapi didahului dengan usaha Rafael Benitez dan Steven Gerrard dari tengah lapangan. Tanpa adanya motivasi besar dari keduanya, akan sangat sulit mengangkat moral dan mental bermain dari pemain Liverpool yang sudah tertinggal dengan defisit tiga gol cukup besar.

 

Sama dengan apa yang terjadi, lagi-lagi dengan MU saat melawan Chelsea di Final Liga Champion 2007. Saat para pemain MU menyaksikan bola tendangan Christiano Ronaldo sebagai penendang terakhir MU tidak masuk, mereka hanya bisa berdoa agar Tuhan menurunkan keajaiban bagi mereka. Jika John Terry dari Chelsea bisa memasukkan bola, Chelsea akan merebut gelar. Tetapi, jika Terry gagal menyarangkan bola, masih ada peluang bagi MU merebut gelar karena dengan gol yang sama kuat, akan diajukan lagi seorang penembak jitu cadangan. Akhirnya, MU memang memenangkan pertarungan tersebut.

 

Di sini, kejaiban memang terjadi. Tidak ada seorang pun  yang menyangka bahwa pemain sekelas John Terry bisa melakukan kesalahan fatal pada saat dibutuhkan. Spesialis tendangan penalti itu pun hanya bisa tertunduk lesu menangisi kegagalan tendangannya. Sementara bagi MU, kegagalan Chelsea menjadi berkah sekaligus keajaiban, karena penendang penalti selanjutnya berhasil memasukkan bola ke dalam gawang Chelsea.

 

Namun demikian, seberapa besar kadar yang dibolehkan bagi kita untuk terus menunggu datangnya kejaiban yang mampu mengubah hidup dan kehidupan kita, baik sekarang maupun di masa mendatang ? Tidakkah keajaiban yang datang dari faktor eksterna lebih merupakan dukungan bagi kita untuk tidak boleh menyerah dari keadaan ? (Ayo teman-teman coba dijawab !!!)

 

Lalu dimanakah kita mencari dan mengharapkan datangnya keajaiban ? Adakah kejaiban itu datang dan memberi pertolongan kepada setiap orang, atau siapakah orang-orang yang berpeluang mendapatkan keajaiban dalam hidup di dunia ini ? (Ayo jawab teman-teman !!! jangan diam aja !!!, sulit ya soalnya ?? saya kasih deh waktu 30 menit, cari jawbannya, boleh buka teks book deh). jawaban dari berbagai pertanyaan di atas sebenarnya tidak terlalu sulit. Keajaiban itu tidak pernah datang jika kita tidak meminta, jika kita tidak berusaha. Keajaiban itu terjadi karena kita tidak berpasrah diri dengan apa yang sudah terjadi.

 

Karena itulah jangan jauh-jauh mengharapkan datangnya kejaiban (sampe-sampe ke bulan, he2..), karena kejaiban itu adalah diri kita sendiri. (ngerti !!!). Anda sendiri adalah kaejaiban itu. (Gue dan lu-lu semuanya). dalam diri anda terpaku berbagai potensi yang memungkinkan anda meledakkan potensi tersebut untuk kemajuan Anda di masa mendatang.

 

Jangan cari kejaiban kemana-mana. (Ingat !!!). Carilah dari dalam diri Anda , dan keajaiban itu akan datang dengan sendirinya. kejaiban membutuhkan konsistensi dan determinasi yang tinggi agar pada saat keajaiban itu datang , kita sudah siap menyambutnya. (Siap gak ??). Jangan karena kesulitan hidup yang begitu besar, kita menjadi putus asa dan tidak mau lagi mengerjakan berbagai hal karena merasa tidak ada yang bisa dilakukan lagi kecuali menunggu datangnya keajaiban. Kita harus selalu optimis bahwa keajaiban itu akan datang pada diri kita. Keajaiban akan datang pada saat kita dengan sekuat tenaga mengeluarkan segala potensi yang kita miliki untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

Kejaiban itu tidak akan datang jika kita tidak berusaha dan bekerja keras mencapai apa yang kita cita-citakan. Jangan pernah berputus asa. Jangan juga berhenti berharap akan datangnya kejaiban. Tetapi ingat, Kejaiban itu adalah Anda sendiri ! The Miracle Is You !

 

Gimana teman ?? sekarang sudah paham mengenai keajaiban ?? sekarang sudah paham mengenai makna kalimat Mahfudzat pada awal tulisan ini ?? (klo belum, baca lagi deh tulisan ini, saya kasih waktu 30 menit,he2..)

 

Silahkan teman simpulkan sendiri apa makna kalimat Mahfudzat itu, saya telah panjang lebar menjelaskan maknanya melalui tulisan diatas.( Tolong simpulkan dong !!).

 

kalo berbicara mengenai keajaiban, Tulisan ini pun keajaiban. Tulisan ini tidak akan ada dengan sendirinya. Tulisan ini ada karena usaha saya mengetiknya,membuatnya sampai larut-larut malam begini. Tanpa adanya usaha yang saya lakukan, mustahil ada tulisan ini. Gimana ?? sekarang ngerti mengenai kejaiban ??

 

Okelah kalau begitu,, Semoga tulisan ini bermanfaat dan Alhamdulillah tulisan ini telah selesai…

Saya tutup dengan ucapan Assalamualaikum Wr Wb……

 

Tulisan ini saya peruntukkan bagi teman-temanku seluruh Mahasiswa Universitas Se-Indonesia, Semoga tulisan ini menjadi Inspirasi dan Motivasi bagi kalian dalam mencari keajaiban.

 

Semangat !!!!

 

Created by : M. Arif Budiman, 22 Januari 2011, Selesai pukul 12.31 AM.

 

Sumber penulisan : Buku Man Jadda Wajada The Art of Excellent Life, Penulis Akbar Zainudin

 

One response to this post.

  1. btulll bgt!!!!!

    tulisan ini bnar2 tlah memberikan gw pencerahan,,, di masa2 gw skarang yang lagi down n males2 nya kuliah,,,,(curhat hahah (^0^) )

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: